Breaking News

Pjs Bupati Julmansyah Buka Kegiatan Bimbingan Teknis Bendahara Bantuan Operasional Satuan Pendidikan Se KSB

 


Mataram (postkotantb.com) - Pjs Bupati Sumbawa Barat Julmansyah, S.Hut, M.A.P membuka Kegiatan Bimbingan Teknis Bendahara Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) se Kabupaten Sumbawa Barat pada Kamis (17/10/2024) bertempat di Hotel Aston Inn Mataram.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan informasi dan pengetahuan Bendahara Bantuan Operasioanal Satuan Pendidikan (BOSP) tentang system Aplikasi Arkas, Markas dan Siplah, bagi para Bendahara BOSP yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat.


Kegiatan terswebut diikuti oleh sebanyak 172 orang peserta yang terdiri dari bendahara BOSP jenjang TK, SD dan SMP. Dalam pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi, Pusdatin, dan BPMP Propinsi NTB.

Dalam laporan kegiatannya, Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat Khusnarti, S.Pd.,M.M.Inov pemahaman yang sama tentang pengelolaan dana Bos mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dibiayai melaui dana BOS dan dikelola secara jujur sesuai dengan juknis yang berlaku.

Dengan Aplikasi yang ada sekarang ini yaitu Arkas, Markas dan Siplah kita bisa menjaga akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan peluncuran Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) dan Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah), dan Manajemen Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (MARKAS) yang bisa membantu dinas untuk dapat mengawasi dan mengetahui perencanaan dan pembelajaran yang ada di sekolah, ungkap Khusnarti S.Pd


Sementara itu, Pjs Bupati Sumbawa Barat Julmansyah, S.Hut,M.A.P dalam sambutannya menegaskan kepada para peserta bahwa keberadaan mereka sebagai penyelenggara pendidikan memiliki tanggungjawab besar untuk memeprsiapkan generasi masa depan KSB.

Dikatakan oleh Pjs Bupati bahwa KSB ini daerah kita kecil, memiliki penduduk juga sedikit yang tentunya manajemennya mudah kita kelola dengan aloklasi apbd sebesar 2 triliun per tahun. Oleh karenanya kita harus bisa mempersipakan genberasi yang bisa menjawab tantangan setelah tambang yang ada di batu hijau selesai.

Kita punya waktu 6 tahun sebelum penutupan tambang dan kita harus mempersiapkan anak didik kita untuk bisa membangun daerah kita KSB tanpa bergantung kepada tambang, Terang julmansyah
Hal penting lainnya yang disampaikan oleh Pjs Bupati yaitu pentingnya para penyelenggara pendidikan untuk tetap menjaga Netralitas.


”Kita tidak usah terlibat langsung dengan aktifitas politik yang berlangsung sekarang ini, kita tidak usah cari cari pekerjaan untuk mengurus hal tersebut. Kita sekarang semua fokus saja dengan tugas kita yang ada hari ini, yaitu sebagai bagian dari penyelenggara pendidikan yang baik di Kabupaten Sumbawa Barat”, Tegas Julmansyah (Amry)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close