Breaking News

Panen Perdana Tembakau Balino di Desa Mapin Rea, Petani Butuh Perhatian Pemerintah

 


Sumbawa Besar (postkotantb.com) - Panen raya tembakau Balino di Desa Mapin Rea Bersama Kapolsek Alas Barat Iptu Lalu Sukardi yang turut panen perdana.

Momen langkah Panen Raya Tembakau Balino di Desa Mapin Rea menjadi momentum bersejarah bagi kelompok tani tembakau Baru Muncul Desa Mapin Rea.  Di lahan seluas 35 are, tanaman yang mereka rawat dengan penuh dedikasi akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan.

Menurut salah satu petani, Nurhasan  ini merupakan pertama kali menanam tembakau. Itupun bibit yang kami tanam merupakan pemberian dari Kapolsek Alas Barat Iptu Lalu Sukardi, ungkap Nurhasan Jumat (18/10/24)

"Ini baru pertama kali kami menanam tembakau,"


Dengan alat yang terbatas dan sifatnya manual yang kami gunakan, dapat menambah penghasilan kami menambah penghasilan dari hasil penjualan kepada masyarakat di Desa Mapin Rea. katanya.

Kami berharap kepada Pemda Sumbawa maupun Provinsi dan instansi terkait agar dapat memberikan perhatian dan membantu kami, berupa  peralatan seperti alat iris (potong) daun tembakau, karena dengan adanya alat yang serba canggih kemungkinan besar area lahan akan lebih diperluas dan meningkat, harapnya.

Sementara Kapolsek Alas Barat Iptu Lalu Sukardi saat di konfirmasi menjelaskan, sejatinya tembakau adalah komoditi pertanian yang cukup familiar di Nusa Tenggara Barat (NTB), tembakau sudah lama tersedia untuk berbagai kebutuhan. Tak hanya soal sigaret, tembakau juga dipakai untuk kebutuhan lain.

“Tembakau punya sejarahnya. Tak hanya digunakan untuk sigaret (rokok). Tapi yang lain juga,” sebut Kapolsek.

Sukardi berharap dengan luas lahan 35 Are yang terpakai untuk menanam tembakau dapat memotivasi petani untuk menghasilkan tembakau berkualitas.

Harapannya tentu agar kompetensi petani tembakau di Desa Mapin Rea meningkat. Sehingga, apabila tembakau jenis Balino yang ditanam di Mapin Rea menghasilkan tembakau berkualitas, tentu hal ini semakin memperkuat Kecamatan Alas Barat yang menjadikan pertanian sebagai salah satu sektor unggulan.


Untuk itu, hal-hal lain yang sekiranya dapat mengembangkan dan menyempurnakan komoditi tembakau di Mapin Rea dapat di perhatikan oleh Pemda Sumbawa, Provinsi dan Instansi terkait, tutup Kapolsek. (Indra)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close