Breaking News

Jumat Bersih, Kades Kalimango Pimpin Gotong Royong Warga Bersih Bersih Selokan dan Drainase

 


Sumbawa Besar (postkotantb.com) - Langit cerah diiringi udara sejuk mengawali pagi hari di Desa Kalimango, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, semangat gotong royong membakar semangat Staf beserta warga desa untuk bahu-membahu dalam kegiatan rutin "Jumat Bersih" pada Jumat pagi, (26/07/2024).

Berbeda dengan pekan sebelumnya, kali ini giliran RT 01 RW 04 dusun Kerato yang menjadi sasaran. Sejak pagi, Staf Desa bersama warga mulai berdatangan dengan membawa peralatan seperti sapu lidi, Sekop dan pacul.

Warga terlihat antusias membantu membersihkan selokan saluran air yang ada di kiri kanan jalan, yang ada di Dusun Kerato.Tawa dan canda menghiasi suasana, menunjukkan kekompakan dan kebersamaan antar warga.

Di bawah komando Kepala Desa Kalimango Hery Darfan, SP,  warga mulai membersihkan sampah, rumput liar, dan kotoran yang mengotori selokan. Selokan-selokan dan saluran air itu menjadi prioritas utama agar tidak tersumbat yang menyebabkan genangan air dan sarang nyamuk.

Bekerja sama dengan penuh semangat, mereka bahu-membahu menata dan membersihkan setiap sudut desa agar terlihat bersih dan asri.

"Kegiatan Jumat Bersih ini sudah menjadi Kegiatan rutin yang di lakukan oleh Pemdes Kalimango sejak lama," jelas Hery Darfan saat di temui postkotantb.com

"Setiap hari Jumat, seluruh warga dikerahkan untuk membersihkan lingkungan di sekitar rumah mereka masing-masing," tambahnya.

Lebih dari sekedar membersihkan lingkungan, "Jumat Bersih" memiliki makna yang lebih dalam bagi masyarakat Desa Kalimango.

Kegiatan ini menjadi momen untuk mempererat tali silaturahmi antar warga, memupuk rasa gotong royong dan kebersamaan, serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

"Gotong royong ini menjadi sarana bagi warga untuk saling bertemu, bercengkerama, dan bekerja sama dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan asri," ujar Hery sapaan akrab Kades Kalimango itu.

"Selain itu, kegiatan ini juga menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan di pemerintah desa dengan warga," imbuhnya.

Di tengah kesibukan membersihkan, tak jarang terdengar gelak tawa dan canda gurau antar warga. Saling membantu dan bahu-membahu, mereka menunjukkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dan semangat untuk membangun desa yang lebih asri.

"Saya senang sekali mengikuti kegiatan Jumat Bersih ini," ungkap Kaharuddin salah satu warga desa."Bisa berolahraga sambil membersihkan lingkungan dan bersosialisasi dengan warga yang ikut serta dalam kegiatan itu." Tuturnya.

Kaharuddin menambahkan, "Dengan kegiatan ini, desa kita menjadi lebih bersih dan asri. Nyamuk pun jadi berkurang, sehingga penyakit DBD juga bisa dicegah." Imbuhnya

Harapan senada juga disampaikan Hery Darfan SP. Ia berharap kegiatan "Jumat Bersih" dapat terus dilaksanakan dan menjadi budaya di Desa Kalimango. "Saya harap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan," Harapnya.

"Lingkungan yang bersih dan sehat merupakan tanggung jawab kita bersama.Dengan menjaga kebersihan, kita dapat mencegah penyakit dan menciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua," tandasnya.

Lebih dari sekedar membersihkan lingkungan, "Jumat Bersih" di Desa Kalimango telah menjadi simbol semangat gotong royong, kebersamaan, dan kepedulian masyarakat untuk membangun desa yang lebih baik.

Semangat ini diharapkan dapat terus terjaga dan menjadi inspirasi bagi desa-desa lain yang ada di Kecamatan Alas. Tutupnya. (Indra)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close